Mencermati Peran Air dalam Tubuh




Air mempunyai pranan penting dalam tubuh. Konsumsi air yang cukup bisa membuat fungsi organ dalam tubuh berjalan lancar. Seperti apa air bekerja dalam tubuh?

Sebagian tubuh kita tersusun dari air. Karenanya tanpa air manusia akan lebih cepat mati dibandingkan tanpa makanan. Air berfungsi untuk mentransportasikan mineral, vitamin, protein, dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh. Keseimbangan tubuh dan temperature juga sangat tergantung pada air. Air juga merupakan pelumas jaringan tubuh sekaligus bantalan sendi, tulang dan otot.

SekitaR 80% tubuh manusia terdiri dari air. Diantara organ-organ tubuh, darah dan otak adalah yang paling tinggi kandungan airnya. Masing-masing organ vital itu mengandung hingga 90% dan 95%. begitu besarnya peran air dalam tubuh manusia hingga terkadang air dimasukkansebagai zat gizi keenam setelah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Dengan mengkonsumsi air secara teratur dan cukup juga dapat meningkatkan funsi hormone, memperbaiki kemampuan hati untuk memcah dan melepas lemak, serta mengurangi rasa lapar.

AKIBAT KEHILANGAN/KEKURANGAN AIR

Keberadaan darah yang komposisi airnya sekitar 95% sebagai pengangkut zat gizi ke seluruh tubuh sangatlah penting. Darah punya peranan membagikan “makanan” ke sel-sel tubuh agar tidak kelaparan. Otak yang mengalami kelaparan karena gangguan supply glukosa dan oksigen menyebabkan perasaan lesu, lelah, dan bahkan mungkin menimbulkan stroke (biasanya karena adanya penyumbatan pembuluh darah).

Manusia selalu kehilangan air dalam tubuhnya setiap saat. Ketika kita bernafas, berkeringat, buang air kecil maupunbesar, beraktivitas, semuanya mengeluarkan kadar air dalamtubuh. Saat tubuh mengeluarkan cariran dan otak merespons dengan mengatakan “saya haus”

Sebenarnya, rasa haus dipicu oleh sel-sel yang mulai kekurangan air. Ada yang menyebutkan rasa haus akan munculjika kita sudah kehilangan 1% air tubuh.

Banyak orang menyangka, manusia perlu minumair ketika haus. Padahal ketika rasa haus muncul, sesungguhnya tubuh sudah kehilang kandungan air. Jadi biasakan minum sebelum datang rasa haus.

Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.