Ramuan Obat Tradisional untuk Batuk Pilek Anak



Apakah anak balita anda sering terserang batuk disertai pilek? Apalagi saat ini iklim kita sedang memasuki babak pancaroba. Sesuai judul yang saya tulis, saya akan coba memberi tips untuk mengobati batuk-pilek anak dengan obat tradisional. Diantaranya:


Jeruk Nipis

Batuk dan flu biasanya terjadi karena menurunnya daya tahan tubuh sehingga kuman-kuman dapat dapat dengan mudah berkembang dalam tubuh. Kandungan Vitamin C yang tinngi dari jeruk nipis sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kuman-kuman pathogen (penyebab timbulnya penyakit) dapat dimatikan oleh tubuh.

Cara pengolahan : belah buah jeruk nipis, kemudian oleskan kapur sirih pada pada permukaan belahannya dan minum air perasan jeruk nipis tersebut dengan dicampur dengan air jernih (disajikan hangat lebih bagus). Resep ini juga berguna untuk mengeluarkan dahak. Adapun cari lain untuk megolahnya adalah dengan mencampur air perasan jeruk nipis dengan kecap dalam sebuah cangkir.

Daun sirih

Bahan-bahan : daun sirih 5 lembar, cengkeh, kapulaga, kemukus (masing-masing 11 biji), dan kayu manis seukuran I jari tangan. Cara mengolah : semua bahan dicuci bersih dan kemudian direbus dengan air sebanyak 2 gelas. Tunggu sampai mendidih, angkat dan saring.

Belimbing Wuluh

Bahan-bahan : satu genggam bunga belimbing wuluh segar, 5 butir adas, 1 sendok makan gula batu dan ½ gelas air. Cara membuat : kukus bunga daun belimbing wuluh segar dalam panci kecil tertutup selama beberapa jam kemudian angkat dan campurkan dengan bahan lain. Saring dan minumkan 2-3 kali sehari

Kencur

Cara mengolah : 5 gram kencur segar dicuci bersih, parut, lalu tambahkan 2 sdm air putih matang dan aduk. Setelah disaring tambahkan madu murni. Minumkan 2-3 kali sehari

Bunga Lili

Bahan dan cara membuat : 10 gram umbi bunga lili, 5 gram umbi anggrek tanah dan 10 gram kulit jeruk mandarin kering direbus dengan 400cc air hingga tersisa 200cc. miunum selagi hangat.

Tags: ,

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.