Tips Berhenti Merokok



Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghingkan kebiasaan merokok. Diantara sebagai berikut :
 Awali dengan niat yang kuat. Contoh saja seorang muslim yang berniat kuat untuk berhenti merokok pada saat bulan Ramadhan.
 Berhenti secara mendadakatau berhenti sepenuhnya pada saat yang telah kita tentukan.
 Berhenti secara berangsur-angsur dengan menggunakan strategimenunda atau mengurangi. Tunda merokok beberapa menit setiap kali anda ingin merokok.atau tunda waktu menghisap rook yang pertama untuk jangka waktu yang makin panjang. kurangi frekuensi merokok atau merokok hanya pada waktu tertentu.
 Pahami bahaya merokok. Dapatkan informasi yang benar tentang rokok dan memahami bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan.
 Buat daftar alasan mengapa ingin berhenti merokok. Bila perlu rinci juga alasan untuk berhenti merokok. Dengan cara ini dapat diketahui langkah yang tepat yang perlu diambil untuk berhenti merokok.
 Tetapkan tanggal mulai merokok. Tanggal ini bisa merupakan hari yang istimewa misalnya hari ulang tahun. Jadi dapat memotivasi dengan kuat untuk segera berhenti merokok.
 Buang semua asbak, korek api dan rokok yang sekiranya akan mengingatkan anda pada kebiasaan merokok.
 Ubah kebiasaan merokok dengan mengunyah permen atay hal kecil lainnya. Bisa juga dengan memakan buah-buahan ringan jika ingin merokok.
 Dapatkan dukungan dari teman dan keluarga. Beri tahu orang-orang yang anda sayangi atau kerabat dekat anda agar mereka senantiasa mendukung anda.
 Cari bantuan seorang professional untuk berhenti merokok.yakni dengan berkonsultasi ke dokter,psikiater atau psikolog yang bergerak di bidang upaya penghentia merokok. Jika diperlukan dokter dapatmeresep obat untuk berhenti merokok.
REAKSI NORMAL
Adapun reaksi normal yang akan terjadi setelah anda memustuskan untuk berhenti merokok. Misalnya saja :
 Sulit memusatkan perhatian atau susah berkonsentrasikarena otak harusberkonsentrasi dengan kadar ksigen yang lebih banyak dari saat merokok.
 Batuk dan hidung beringus karena paru-paru mencoba menghilangkan semua kotoran dan kuman yang terkumpul semasa anda merokok
 Keinginan yang kuat untuk merokok selama satu atau dua minggu selama tubuh anda mencoba menghilangkan nikotin yang selama ini mengendap
 Rasa bergetar di tangan dan kaki, hal ini karena darah mulai bisa mengalir normal.
Gejala-gejala ini akan hilang dalan\m satu waktu (sekita 2minggu atau bahkan 1 bulan). Dan ini merupakan keadaan tubuh anda mulai membaik.

Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.