Mengatasi Kulit Belang



Tak selamanya sinar matahari baik untuk tubuh. Jika terlalu sering terpancar sinar matahari pada jam-jam dimana sinar matahari sengat “jahat”, tentu akan membaayakan kulit. Salah satunya adalah hiperpigmentasi.
Hiperpigmentasi adalah masalah kulit akibat peningkatan zat pigmen kulit. Kelainannya ditandai dengan warna kulit yang coklat atau gelap (kulit belang), terutama pada kulit yang sering terkena sinar matahari. Pada dasarnya zat pigmen berguna melindungi kulit dari paparansinar matahari. Namun, jika berlebihan akan membuat kulit merah, perih bahkan melepuh.
Hiperpigmentasi tidak hanya disebabkan oleh sinar matahari. Beberapa lainnya misalnya hormone (kontrasepsi), kosmetik, kelainan genetic, gangguan metabolic, gangguan nutrisi (defisiensi vitamin B12)infeksi,alergi obat, dan stress. Namun, memang sinar matahari menyumbang 90% terhadap timbulnya hiperpigmentasi.
Hiperpigmentasi juga meningkat pada orang berkulit gelap dimana jumlah pigmennya lebih banyak. Kulit gelap akan menangkap sinar matahari lebih banyak. Logikanya kalau orang memakai baju gelao di siang hari, maka tubuh akan mudah berkeringat karena warnagelap mampumenyerap panas lebih banyak.

TIGA SOLUSI
Menurut hasil “gugling” yang saya dapat, ada tiga solusi umum menghilangkan hiperpigmentasi. Pertama, penentuan hiperpigmentasi secara visual, apakah termasuk tipe dermal, epidermal, atau campuran.
Kedua, pemeriksaan untuk mengetahui kemungkinan adanya penyakit lainyang menyebabkan hiperpigmentasi sehingga usaha pengobatan tidaksia-sia.
Ketiga, pengobatan secara topical dan krim (pealing atau pengupasan kulit dengan menggunakan bahan pemutih. Seperti hidrokuinon, asam azelaik, asam kojik, asam retinoic, dan vitamin C). Adapun pengobatan dengan system sistematik (dengan obat vitamin C dan gluthation), maupun dengan tindakan khusus seperti bedah kimia, bedah beku, bedah listrik dan laser.
Waktu yang dibutuhkan untuk pengobatan inipun bersifat individual, jadi tidak sama antara satu dan yang lainnya. Pada kasus ringan diperlukan 2-3 kali tindakan peeling hiperpigmentasi ringan. Sedangkan pada kasus yang berat bisa dikakukan hingga 10 kali tindakan.
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi jangan lupa selalu gunakan Tabir Surya sebelum beraktivitas di luar ruangan. Jika ingin menggunakanbahan pemutih, pilihlah bahan yang aman dan sesuai jenis kulit.
Tags: ,

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.