Kelapa Muda... Buah Serbaguna



Pohon kelapa termasuk pohon yang serbaguna. Buah dan airnya bisa dikonsumsi, daunnya bisa dipakai untuk hiasan “janur”, dan batangnya sendiri pun biasa dimanfaatkan untuk membuat jembatan ataupondasi rumah sederhana.

Minyak kelapa yang kita gunkan sehari-haripun terbuat dari sari buah kelapa. Sungguh buah yang serbaguna…!!!!!!

Masih banyak lagi manfaat buah kelapa, percaya atau tidak khasiat buah kelapa dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Air kelapa kopyor baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Di kalangan masyarakat sendiri, dipercaya air kelapa dapat membuat si jabang bayi berkulit putih bersih.

Nah…kali ini saya akan coba bahas macam-macam penyakit yang dapat disembuhkan oleh buah serbaguna ini.

Untuk luka bakar, campurkan bubuk kunyit dengan air kapur sirihdan air kelapa. Oleskan campuran tersebut pada bagianyang luka.

Untuk demam berdarah, cukup minum air kelapa muda hijau dicampur dengan sedikit jeruk nipis. Diminum secara teratur.

Untuk cacingan, kelelahan dan letih bisa diatasi dengan meminum air kelapa muda hijau.

Selain contoh diatas. Air kelapa juga berguna untuk menghitamkan dan memperkuat rambut, mengobati mabukakibat keracunan makanan seperti cendawan, udang, ketam, dan jering.

Air kelapa juga sering digunakan untuk mengobati demam campak, demam panas, dan penyakitkuning.

Penggunaan air kelapa muda sebagai bahan awet muda juga sudah tidak jarang lagi. Caranya cukup cuci muka dengan air kelapa dan biarkan mengering sebelum dibilas dengan air bersih.

Dalam mitologi Hindu dan menurut kitab suci Weda, kelapa merupakan “pohon surgawi”. Konon Dewa Wismu membawa pohon kelapa sebagai sumber kesehatan,ketenangan, panjang usia dan kedamaian.

Terlepas darikeyakinan tersebut, menurut penilitian yang kompeten, air kelapa ternyata mengandung banyak vitamin. Diantaranya Vitamin C yang dominan, Asam Nikotinat, Asam Folat, Asam Pantotenat, Biotin serta Riboflavin. Tak heran jika air kelapa digunakan sebagai bahan oabt tradisioan dan juga untukkecantikan.

Sama dengan di Negarakita, dii Filiphina air kelapa biasa dibuat untuk bahan makanan seperti Jelly, Biskuit, Alkohol, Ccka, dan Coctail (nata de coco).

Nah…tunggu apa lagi, selain memang sangat bermanfaat, sajian air kelapa muda yang segar sangat nikmat dinikmati setiap hari.

Tags: ,

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.