Mengapa Keringat Pria Berlebihan..??


Mobilitas tinggi dengan segudang aktivitas bisa menimbulkan keringat berlebihan. Hal ini akandialami wanita, pria, muda bahkan tua. Namun, tahukan sobat blogger…pria bisa rentan terkena keringat berlebih dibanding wanita..??? mengapa bisa demikian..?!?!

Kulit terdiri dari 3 lapisan, yaiut Epidermis, Dermis dan Subkutis. Subkutis bagia terluar tubuh mempunyaibanyak funsi penting. Diantaranya sebagai proteksi, absorsi, ekskresi, persepsi, termoregulasi, pembentukan pigmen, vitamin D serta keratinisasi.

Adapun fungsi termoregulasi yakni mengeluarkan keringat dan kontraksi otot pembuluh darah kulit sehingga kulit mendapat nutrisi yang baik. Produksi kelenjar lemak dan keringat akanmenjaga keasaman kulit pada PH 5-6.5 sehingga kita terlindungi secara kimiawi terhadap infeksi bakteri dan jamur.

Keringat merupaka respons tubuh yang normal untuk keseimbangan temperature tubuh yang terjadi pada semuaorang tanpa memandang jenis kelamin ataupun usia.

Menurut hasil “gugling”, ada dua alasa utama manusia berkeringat. Yakni, Physical dan Emotional Sweat. Physical Sweat adalah keringat karena panas yang disebabkan oleh suhu tubuh atau iklim panas dan kegiatan fisik. Sedangkan Emotional Sweat adalah keringat yang mucul akibat perubahan tingkat andrenalindisaat seseorang merasa tertekan,takut atau cemas meskipun dalam suhu dingin.

Manusia mempunyai 2-4 juta kelenjar keringat.nah salah satunya adalah kelenjarkeringat yang terbagi lagi menjadi dua bagian. Pertama, Kelenjar Ekrin berbentuk kecil. Kelenjar ini dibentuk sempurna dalam 28 minggu kehamilan,berbentuk spiral dan menghasilkan cairan yang encer. Terletak di seluruh tubuh,terutama telapak tangan, kaki, dahi dan ketiak. Serta sekresinya dipengaruhi saraf kolinergik, factor panas dan stress emosional.

Kedua Kelenjar Apokrin. Kelanjar ini sudah ada sejak lahir danberbentuk kecil. Saat pubertas ukurannya membesar dan mengeluarkan cairan kental. Kelenjar itu ada di aerola mamae, pubis, labia minora dan saluran telinga luar.

Adapun hasil riset mengatakan, dalam penguatan pada suhu normal meghasilkanjumlah keringat 2-20 liter per menit. Jikasuhu di luar tubuh sangat tinggi, imbasnya akan terjadi pelebaran pembuluh darah pada banyak lokasi dan produksi minyak berlebih. Hal ini sering terjadi pada pria sehingga keringat yang dihasilkan lebih banyak.

Kejadian ini disebabkan kelenjar keringat yang aktif pada pria lebih banyak dari pada perempuan. Kelenjar Apokrin pada pria menghasilkan keringat lebih banyak dan berbau, kelenjar inilah yang dimiliki pria lebih banyak dari pada wanita. Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar inipun berbau karena mengandung lemak tinggi yang disukai bakteri bau badan.

Satu hal yang perlu diingat, keringat bukanlah hal yang berbahaya, karena keringat hanyalah respons tubuh terhadap keseimbangan temperature tubuh.

Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.